Menambah dan Mengubah Layout Keyboard LXDE


Wah…akhirnya saya bisa posting lagi di sela-sela ke sok-sibukan saya, walaupun hanya satu kali sebulan, it’s ok, menurut saya it’s better than never😀. Tadi malam saya berencana pindah GUI, dari LXDE nya linuxmint, ke Cinnamon atau Unity yang lumayan lelet (maklum, saya pake netbok, wkkk), hanya karena 1 alasan, saya tidak bisa menambahkan dan swtich bahasa.

Tapi setelah saya fikir-fikir lagi, buat apa saya pindah dari GUI yang super cepat ini ? dan akhirnya saya pilih alternatif lain, yaitu mencari solusi ‘kegerahan’ saya di LXDE karena bahasanya. Langsung kita thawaf lagi di forum linuxac.org, dan saya menemukan solusinya, horeee. Caranya saya masuk ke terminal terlebih dahulu, kemudian mengetikkan :

gksu leafpad /etc/xdg/lxsession/Mint-LXDE/autostart

Setelah saya masukan kata sandi, dibawah tulisan @lxpanel saya tambahkan

@setxkbmap -option grp:switch,grp:alt_shift_toggle,grp_led:scroll us,ar,ru  

Saya simpan, logout…

Setelah login kembali saya coba menekan alt+shift dan horay…berhasil…
deks

karena saya menginginkan tiga macam layout keyboard yaitu, amerika, arab, dan rusia, maka saya tambahkan us,ar,ru anda pun bisa menambahkan layout keboard sesuka hati anda.

Mengubah Shortcut?
Anda juga bisa mengubah shortcut Alt+Shift dengan Ctrl+Shift misalnya, dengan mengubah
grp:alt_shift_toggle menjadi grp:ctrl_shift_toggle, bagaimana? mudah bukan?

Dan akhirnya saya dengan mantap membatalkan rencana saya untuk berpindah GUI dan akan tetap selalu menggunakan LXDE sampai ada yang sudah menyainginya😀 wkkkk

Selamat mencoba, semoga berrmanfaat dan have fun!

6 thoughts on “Menambah dan Mengubah Layout Keyboard LXDE

  1. menarik neh. perlu dicoba. sy udah lama gak ngoprek ubuntu yg saya pake bertahun2. cuman sekedar pake, ganti OS sja selama ini

Tinggalkan komentar

