Install Ruby on Rails di Ubuntu


“Hai Ben, udah install Ruby on Rails belum?” tanya salah seorang teman, “emang Ruby on Rails apaan?” sahut saya dengan bingung karena Ruby on Rails adalah kalimat yang asing di telinga saya , ya,saya baru dengar yang namanya ruby on rails, “yu olang halus coba ni balang bagus!!”kata teman saya lagi, dan yang paling ‘ngenekin’nya dia bilang “Haa…kalo yu olang bisa instal, nanti saya tlaktil makan di pizza h**!!! hahaha…” setelah bilang kata-kata seperti itu langsung pergi meninggalkan saya. Hmmmm….awas ya, nanti saya akan nginep di rumah teman biar dapat koneksi internet gratis :V.

Alhamdulillah teman saya mau ngasih tumpangan satu malam buat online😀, langsung saya buka netbook lalu mengetikkan “Ruby on Rails”. Dan saya temukan bahwa Ruby on Rails adalah web development framework yang dibangun dengan bahasa pemrograman Ruby.

cara instalasinya pun tidak terlalu susah, saya harus menginstall ruby terlebih dahulu, dan beruntungnya saya udah install Ruby, dan disini dokumentasinya😀.

Setelah Ruby terinstal tinggal mengetikan pada terminal

sudo gem install rails
sudo gem install bundler
sudo gem install rake

langsung kilik enter, sambil menunggu selesai saya langsung buat kopi…hihihi

Setelah, selesai tinggal dengan mennjalankan rails dengan mengetikkan di terminal

rails new coba_rails

Perintah diatas berfungsi untuk membuat sebuah folder dengan nama coba_rails yang berisi struktur aplikasi Ruby, dan akan melakukan installasi Gem secara onlin, seperti tempilan dibawah ini.

pembuatan struktur aplikasi Ruby

Installasi Gem secara online

setelah semuanya selesai, langsung saya kedirektori yang barusan saya buat dan menjalankan server Rails dengan mengetikkan

cd coba_rails
rails server

memanggil rails server

Pada gambar diatas, tampak aplikasi Rails berada di port 3000, langsung saya ketik di browser localhost:3000 dan waw….saya berhasil melakukan instalasi Ruby on Rails😀
Rails telah berhasil :D

Karena sekarang masih pukul 10 malam, langsung saya berangkat ke rumah teman saya untuk menagih janji, traktiran Pizza😀

597cade280d511e2be0322000a9f38f1_7

One thought on “Install Ruby on Rails di Ubuntu

Tinggalkan komentar

