Install Ruby 2.0.0 di Ubuntu


Pada bulan Februari kemaren sudah rilis Ruby (bukan akik lho :D) versi Ruby 2.0.0, dan kebetulan salah satu komputer yang saya gunakan belum terinstall ruby, jadi saya langsung install saja Ruby versi terbaru di komputer tersebut sambil membackup langkah instalasi tersebut di blog ini, maklum lama tidak ngeblok karena ke sok sibukan saya sebagai ‘tukang parkir’ hihihihi.

Persiapan yang perlu kita lakukan sebelum menginstal si “batu merah” adalah dengan menginstal paket-paket yang dibutuhkan untuk meng-compile ruby, yaitu dengan mengetikkan

sudo apt-get install build-essential openssl libreadline6 libreadline6-dev curl git-core zlib1g zlib1g-dev libssl-dev libyaml-dev libsqlite3-dev sqlite3 libxml2-dev libxslt-dev autoconf libc6-dev ncurses-dev automake libtool bison subversion

setelah itu, kita akan langsung download ruby menggunakan wget dengan mengetikan pada terminal

wget http://ftp.ruby-lang.org/pub/ruby/2.0/ruby-2.0.0-p0.tar.gz

Setelah ruby versi terbaru, yaitu versi 2 terdownload, maka kita lanjutkan dengan mengekstrak file yang di download tadi menggunakan tar xzvf, dan kemudian dilanjutkan dengan pindah ke direktori file yang sudah kita download menggunakan cd

tar xzvf ruby-2.0.0-p0.tar.gz
cd ruby-2.0.0-p0.tar.gz

kemudian terakhir kita konfigurasi dan kita install ruby pada komputer dengan perintah

./configure --prefix=/usr/local --enable-shared --disable-install-doc --with-opt-dir=/usr/local/lib
make
sudo make install

sekarang, coba ketikan pada terminal

ruby --version

Screenshot from 2013-03-16 02:47:50

bila muncul tulisan seperti gambar di atas, maka saya ucapkan selamat, anda telah berhasil melakukan instalasi Ruby pada komputer anda, semoga bermanfaat , have fun!

3 thoughts on “Install Ruby 2.0.0 di Ubuntu

  1. Min, saya mau tanya dong. kenapa ya operasi nya cuman sampai create doang terus gasampai bundle. saya coba install “sudo gem install bundler” tapi gabisa dikarenakan untuk distro debian gabisa dan harus pake sudoi apt-get tapi setelah saya coba tetap gabisa. sedangkan saat saya install rake menggunakan apt-get bisa. mohon pencerahannya min

Tinggalkan komentar

