Tips Agar Typo Tidak Bikin Desainer Rugi


Bagi desainer grafis, TYPO mungkin tidak asing lagi terdengar di telinga, TYPO singkatan dari Typographical Error adalah istilah yang dapat kita gunakan untuk mendefinisikan “kesalahan penulisan” atau “salah tulis. Kata yang sangat menakutkan bagi desainer. Ya,coba bayangkan karena sedikit saja kesalahn dilakukan, akhirnya bayaran dipotong atau malah tidak dapat bayaran sama sekali, menakutkan bukan?wkkk…

Selain memiliki kreatifitas, desainer grafis juga harus teliti agar tidak rugi! Lalu, ketika kita sudah teliti, ternyata TYPO tetap saja terjadi dan tidak bisa dihindari, apa yang harus desainer lakukan agar tidak rugi? Berikut tips dan triknya :

Credit Image : http://typographics.futuraprime.net/

1. Manfaatkan klien untuk mengoreksi.
Ketika si klien mengoreksi desain yang dia inginkan, dan setelah desain tersebut di cetak,  klien komplain adanya TYPO pada desain tersebut, kita bisa bales ke klien “Lho,bukannya bapak yang koreksi? tadi kan kata bapak bilang sudah benar semua? Kalo begini bukan salah kami pak” hehe…

2. Buat Surat Perjanjian!
Nah, trus kalo takutnya si klien ngotot bin keras kepala, ini adalah jalan amannya, setelah klien mengoreksi dan mengatakan tidak ada TYPO dan siap cetak, maka langsung saja kita buat surat perjanjian yang isinya menjelaskan bahwa semua desain sudah fiks,dan bila ditemukan Typo setelah dicetak, maka kerugian ditanggung klien:P hehe….

Menurut saya itu saja tips dan trik agar Typo tidak bikin desainer rugi sesuai pengalaman saya, saya sudah menggunakan trik ini selama kurang lebih 3 tahun, dan alhamdulillah manjur🙂 hehe…semoga bisa membantu, kalau ada yang kurang silahkan di tambahkan… have fun!

2 thoughts on “Tips Agar Typo Tidak Bikin Desainer Rugi

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s