Elforkan, Applikasi Alquran + Tafsir Yang Cantik


Setelah Abu Zakaria merilis Applikasi Shohih Albukhari, Maktabah Elkirtas 3.6, kembali beliau -semoga Allah selalu menjaganya- merilis applikasi yang diberi nama Elforkan (الفرقان)  sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah applikasi Al-Quran,tafsir, plus murottalnya, dengan interface yang minimalis dan sangat cantik, yap, saking cantiknya sampai mushaf dikamar saya tidak dipegang-pegang lagi, hehe…

Aplikasi ini selain memiliki interface yang menawan, animasi yang bikin ga jenuh, 100% sama persis dengan mushaf (jadi ngafalnya di depan laptop aja lagi, hehe), juga mudah di konfigurasi. Berikut tembakan layarnya (schreenshot, hehe ) di atom-fury saya, selamat menikmati :

Tampilan yang cantik, simple, dan minimalis!


Animasinya bikin ane serasa membaca mushaf beneran.

Terjemahan akan muncul bila kita klik ayat pada halam mushaf.


Sambil baca tafsir pun bisa🙂


Tidak hanya satu tafsir, kita bisa baca 6 tafsir lagi…hore….🙂


Anda tidak faham bahasa Indonesia? silahkan dibilih bahasa yang anda fahami, yang penting bukan bahasa planet🙂


Selain itu, anda juga bisa memilih Qori yang pas buat telinga anda.

Sebenarnya masih banyak lagi fituR yang dimiliki selain yang saya sebutkan diatas, seperti mengubah bingkai, repeat surah, dan banyak lagi yang lainnya, intinya saya merekomendasikan anda untuk mencobanya, hehe…

Tapi sayang, aplikasi ini hanya untuk linux ya? Eits, kata siapa? aplikasi ini bisa di pasang di semua sistem operasi, baik itu mac, atau windows. Silahkan install atau disedot di link dibawah ini :

http://software.opensuse.org/download.html?project=home:abouzakaria&package=elforkane

Untuk data-data elforkan, bisa di install atau sedot di link dibawah ini:

http://software.opensuse.org/download.html?project=home:abouzakaria&package=elforkane-data

untuk link download windows dan mac nanti akan saya update, untuk sementara yang linux dulu, linux first🙂

Terima kasih Abu Zakaria, semoga Allah membalasmu dengan kebaikan…

27 thoughts on “Elforkan, Applikasi Alquran + Tafsir Yang Cantik

  1. Alhamdulillah, ada orang yang ikhlas membuat aplikasi seindah ini. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan.

  2. Assalamualaikum

    terimakasih sebelumnya telah berbagi aplikasi, sangat berguna sekali dan saya sudah install di ubuntu saya..

    namun ada kesulitan untuk tafsir, apakah ada yang bahasa indonesia? terima kasih

    1. waalaikumussalam….
      terimakasih juga…senang bisa berbagi… untuk tafsir saat ini masih bahasa arab, untuk semetara terjemahannya aja dulu…nanti bila ada info akan saya share di blog lagi…terima kasih🙂

  3. Terima kasih, Mas. Saya baru nemu artikel sampean ini (tersimpan) malam ini setelah seminggu mencari. Saya terbingungkan dengan halaman-halaman Elkirtasse yang saya simpan. Mana ya posting mas itu? Itu pikir saya. Pokoknya cirinya:

    1. Aplikasinya bisa nggulung halaman kitab
    2. Ada kata-kata sampean ini: “Tidak hanya satu tafsir, kita bisa baca 6 tafsir lagi…hore….”

    Ternyata namanya Elforkan. Cantik nian semuanya! Terima kasih banyak. Semoga Allah merahmati sampean.

  4. Assalamualaikum wr wb, salam kenal
    Aplikasi yang sangat-sangat bermanfaat ini, Elforkan.
    Saya pengguna OS Linux Mint 9 (turunan Ubuntu 10.04), saat mau download aplikasi ini, ada masalah kang
    bapa-dian-laptop zaldi # apt-get install elforkane
    Reading package lists… Done
    Building dependency tree
    Reading state information… Done
    E: Couldn’t find package elforkane
    Ada solusi?
    Wassalamualaikum wr wb

  5. apa solusi nya mas
    The application launcher “elforkane.desktop” has not been marked as trusted. If you do not know the source of this file, launching it may be unsafe.

Tinggalkan komentar

