Sebatang Lilin Kecil


Pada suatu hari, ada dua orang mahasiswa, sebut saja si A dan si B, mereka berdua kebetulan besok ada ujian final mata kuliah yang sama. Ya, mereka berdua sama satu kelas. Parahnya, mereka berdua belum belajar sama sekali untuk prepare final exam besok, otomatis mereka harus mengikat kepala mereka untuk belajar mati-matian malam ini .

Malam pun tiba ditemani guyuran hujan yang sangat lebat, semua catatan telah disiapkan, sampai buku-buku perpustakaan pun hadir untuk menemani malam mereka berdua. Namun, belum sempat mereka membuka cacatan listrik tiba-tiba mati, kabel listrik di kampung mereka putus tertimpa pohon karena derasnya hujan yang disertai badai.

Karena kejadian itu, si A tidak terima, di keluarkan segala sumpah serapah yang diperam dalam mulutnya, marah-marah tanpa arah, bukan hanya marah, dia juga menyalahkan semua pihak yang memiliki hubungan darah dengan kabel listrik yang putus tersebut, mulai dari Ketua RT, PLN, Pemkot, bahkan sampai pemerintah pun tak meleset  menjadi objek omelannya, menjadi objek yang memakan sumpah serapahnya. Pada malam itu si A sama sekali tidak dapat belajar sedikitpun!

Berbeda dengan si B, dia tidak ngeluh, mengomel, apalagi sampai mengeluarkan sumpah serapah seperti yang dilakukan oleh si A, tidak! Dia hanya diam, dan mengambil sebatang lilin kecil lalu menyalakannya dan lilin tersebut yang menjadi teman belajarnya dimalam hari itu.

****

Sebatang lilin kecil, walaupun sangat jauh berbeda dengan matahari, walaupun tidak bisa menjadi pengganti untuk menerangi dunia, cukuplah ia menjadi sebagai cahaya hiasan dalam kegelapan, cukuplah ia menjadi seberkas cahaya yang mampu menuntun jalan  dan pastinya lebih baik mengambil tindakan menyalakan sebatang lilin dalam kegelapan, daripada hanya diam mengutuk kegelapan, bahkan sampai mulut berbusa pun, kegelapan tidak akan pergi dan sirna hingga pagi hari tiba.

– Sebuah paraprase dari Catatan Bangsa yang aneh

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s