Ritual Sebelum Tidur


Jam berapa anda memulai tidur dimalam hari? pukul sembilan? sepuluh? atau pukul tiga? Lalu apakah ada ritual yang anda siapkan sebelum dan sesudah tidur selain gosok gigi untuk menyambut hari esok?  Bagi yang beragama Islam, pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi ritual-ritual sebelum tidur yang diajarkan agama Islam, karena agama Islam tidak hanya sebatas ritual saja, tapi agama Islam adalah agama yang mengajarkan pola hidup produktif bagi para penganutnya. Berikut ritualnya :

1. Evaluasi diri
Bagi muslim, hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, itulah tujuan evaluasi diri sebelum tidur, dengan evaluasi diri untuk menjadikan diri kita lebih perfek lah, jika kita dapati hari ini kita berbuat kebaikan, maka kita ucapkan Alhamdulillah, jika sebaliknya kita bersegera beristighfar kepada Allah dan bertaubat.

2. Tidur Lebih Awal
Hehe…ini ni yang sangat jarang dilakukan empunya blog,  padahal dengan tidur lebih awal kita bisa bagun lebih awal pada dini hari, otak lebih fresh, bisa sholat malam, dan hidup pun lebih produktif tentunya.
Tidur lebih awal ini dilakukan Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwaytkan oleh Aisyah
“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidur di awal malam, dan bangun di akhir malam kemudian beliau melaksanakan sholat”

3 Berwudhu Sebelum Tidur, Dan Berbaring Menghadap Kanan
Sesuai dengan hadits yang diriwatkan oleh Barra bin ‘Azib -Radhiyallahu ‘anhu- berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
Jika engkau hendak tidur maka berwudulah seperti ketika engkau hendak melaksanakan sholat, dan berbaringlah menghadap kanan”

4.Membersihkan tempat tidur tiga kali sebelum berbaring
Sebagaimana hadits Abu Hurairah -Radhiyallahu ‘anhu- bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda-
“Jika salah seorang dari kalian hendak ke tempat tidurnya, maka hendaklah ia membersihkan tempat tidurnya dengan bagian dalam sarungnya,1 karena ia tidaklah tahu apa yang terjadi setelah ia tertidur… al-hadits.”
Dalam satu riwayat:
”Jika salah seorang dari kalian mendatangi tempat tidurnya, maka hendaklah ia mengibaskan tempat tidurnya dengan ujung kain bajunya sebanyak tiga kali… al-hadits.” Untuk ritual yang satu ini, InsyaAllah penulis nanti akan membuat postingan khusus.

5. Makruhnya Tidur Bertiarap
Hehe…baru tau ya? mau gak mau saya harus menyampaikannya, karena sesuai dengan riwayat Arabu Dzar berkata
“Suatu hari rasulullah melewatiku, dan aku pada saat itu sedang tiarap, Rasullullah -shallallahualaihi wa sallam- pun mennenggolku dengan kaki beliau seraya berkata ‘Wahai jundub (Nama Abu Dzar) sesungguhnya cara berbaring seperti ini adalah cara berbaringnya penghuni neraka” (HR, Ibnu Maajah dan dishahihkan oleh syaikh Albani)

6.Menutup Pintu rumah dan mematikan lampu sebelum tidur.
Diriwayatkan dari hadits Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu, Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:
“Matikanlah lampu-lampu pada malam hari ketika engkau hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu,…”HR. Al-Bukhari, no. 6292, Muslim, no. 6012, Ahmad, no. 13816, At-Tirmidzi, no. 1816, Abu Daud, no. 3731, dan Malik, no. 1767

7. Membaca ayat kursi dan dua ayat terakhir pada surah Al-Baqarah Surah Al-Ikhlash dan Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas)

8. Membaca doa-doa dan zikir yang diajarkan Nabi kita -Shallallahu alaihi wa sallam.
Untuk zikir-zikir sebelum tidur silahkan donload di sini, zikir- zikir tersebut penulis salin dari kitab Hisnul Muslim karangan Sa’id Wahf Al-Qahtaani.

9.  Membaca Doa ketika terjaga dari tidur yang lelap, mimpi buruk.
 أعوذ بكلمات الله التامات من غضبه و شرعباده ومن همزات الشيا طين وأن يحضرون

“A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun.”

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan dan dari kedatangan mereka kepadaku.” (HR. Abu Dawud No. 3893, At-Tirmidzi No. 3528 dan lainnya)

10.  Berdoa selepas bangun dari tidur.
Yaitu dengan membaca doa
 الحمد لله الذي أحيانابعدماأماتناوإليه النشور

“Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilayhinnusyuur.”

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari No. 6312 dan Muslim No. 2711)

Itulah beberapa ritual tidur yang penulis paraphrase secara ringkas  dari kitab “Adab muslim filyaum wal lailah” Bagaimana, masih ada yang kurang? Jika sekiranya ada yang kurang jangan ragu-garu untuk berbagi dengan memberikan komentar, dengan melakukan ritual tidur selamat muslim yang produktif!🙂 Waktu sekarang menunjukan pukul dua belas, jum tido!

5 thoughts on “Ritual Sebelum Tidur

      1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

  1. Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang
    Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal)
    ,telpon saja Ki Soleh Pati.
    ((( PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN
    NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Ki Soleh Pati.
    Hp. 0852-1905-3025
    Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual
    dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot
    dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan
    juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup
    anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang
    melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN
    MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang
    cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang
    suami/bisa seperti artis idola

    hjirma62@gmail.com

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s