Masalah Gradient di Inkscape


Beberapa hari yang lalu inkscape di netbook atom fury saya tidak bersahabat, entahlah kenapa sebabnya, ngambek gara-gara jarang dipakai?nggak juga sih, lha wong saya setiap hari pasti maenan ama inkscape, bereksperimen di inkscape, bagi saya inkscape adalah laboratorium mini saya untuk menyalurkan hobi mencampur warna( ckkkk, kayak apa aja, baca:desain) yang sudah mulai saya sukai sejak dalam kandungan ibu saya, hehe…

Kurang gaji? pasti nggak lah, toh bukan karyawan saya juga, apalah, pokoknya saya kurang tau alasannya kenapa. Yang jelas saya benar benar butuh psikiater untuk mengobati kegalawan saya gaga, eh ampe nulis gaga lagi, gara-gara bermasalah dengan gradient di inkscape. Emang masalahnya gimana? begini masalahnya…

Biasanya kan kalo kita bikin gradient ( baik itu linear maupun radial ) pada sebuah objek di inkscape, kalo objek tersebut kita geser maka koordinat gradientnya berubah kan mengikuti objek yang telah bergeser, kemanapun objek pergi gradient selalu mengikutinya. Begitu kan normalnya? nah, kali ini tidak untuk inkscape di atom fury saya.  Gradientnya statis, kordinatnya tidak berubah sama sekali walaupun objeknya digeser kemanapun, sampai keujung dunia pun si objek di geser, gradient tetap statis pada koordinat awalnya….

Image

Hmmm, shock banget saya, padahal masih banyak pekerjaan rumah yang harus saya selesaikan dengan bantuan inkscape ini disamping itu tugas tugas-tugas kampus numpuk lagi.

Tapi, Alhamdulillah karena Allah kemudian diskusi dengan mas Aditia Pratama, kami berhasil menyatukan kembali ikatan dua hati yang tercerai berai, gradient dan objek😀. Ternyata cara menyatukannya sangat mudah sekali, kuncinya ada pada Inkscape Preferences yang terdapat pada menu file> Inkscape Preferences, pada kolom kiri pilih Transform dan di Transform Gradient itu masalahnya, ternyata belum di checklist😀 itu yang menyebabkan gradientnya gak mau pindah pindah.

Gambar

Semoga tulisan yang ditulis buat backup ini bisa membantu teman-teman yang punya masalah dengan inkscapenya, jadi kalo gradientnya gak mau pindah koordinat bukan karena marah atau ngambek, tapi karena Transform Gradient pada Inkscape Propertiesnya belum di centang, dan untuk saat ini saya belum butuh pskiater, soalnya objek dan gradientnya kembali sehati, hehe…

3 thoughts on “Masalah Gradient di Inkscape

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s