Cuek Bebek..Bek..Bek


Masalah, siapa coba yang tidak pernah menemukan masalah? Sumpah deh, ane bakalan acungin 20 jempol yang ane miliki kalo ada orang mumayyiz yang tidak punya masalah hidup!

Yup, masalah yang muncul pun cnderung berfariasi, ada yang ringan, sedang berat, sebagaimana diagnosa cedera kepala pada pasien juga ada yang ringan, sedang dan berat…lho..kok OOT? Setiap personal ada yang memiliki masalah berbeda ada juga yang memiliki yang sama, disini yang sangat menyebalkan plus menjengkelkan! Kenapa? Banyak orang yang merasakan masalah yang sama, namun ironisnya mereka tidak pernah merasakan itu sebagai masalah, sekalipun itu masalah yang besar, yang ada di benaknya hanyalah cuek bebek..bek..bek…

Dunia kita adalah dunia yang yang tidak bisa menghargai dan tidak mudah menerima masalah sebagai bagian dari realitas kehidupan. Dunia kita adalah dunia yang semuanya difahami dengan all is well, semuanya baik-baik saja bahkan sampai masalah yang sangat besar, gawat dan darurat pun tidak akan menjadi masalah, tidak terbesit untuk memikirkan etiology serta intervensi yang relevan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan parahnya malah bertransormasi menjadi kontras, dibawa ‘enjoy aja! ‘kayak iklan rokok yang sudah jelas-jelas ditampilkan negative side efectnya, merokok dapat menyebabkan kanker, dan embel-embel lainnya.

Memang sih, sah-sah saja jika banyak orang tidak mempermasalahkannya, namun apakah dengan gestur seperti itu akan terjadi sebuah perbaikan kualitas perasaan dan kehidupan? tidak akan terjadi!!! bahkan itu hanya menjadi sebuah mimpi disiang bolong saja!!!

Mari difikirkan, jika semua orang secara holistik cuek bebek bek…bek.. seperti itu, berkelanjutan dan berkelanjutan, mau ngapain itu urusan lu, it’s your business, gw mau ngapain suka-suka gw kata orang Jakarte  it’s my business… hancurlah kehidupan ini!!!! mau gempa besok, mau tsunami besok, ato sakaratul maut dengan mengenaskan pun cuek saja dan tidak bakalan ada yang menganggapnya sebagai sebuah problem, tidak mau tau dengan urusan orang lain dan terlalu sibuk dengan urusan sendiri, lebih parah dari orang yang kena autis, lebih tinggi derajatnya daripada orang apatis! Mirip seperti mayat berjalan aje lagi dah, tanpa moral dan perasaan serta jiwa sosial!!! Padahal hidup yang berkesinambungan itu dibangun dengan interpersonal relationship, hubungan antar individu-individu yang dalam masyarakat yang saling mempengaruhi. Hingga pada akhirnya cuek bebek…bek…bek itu akan menjadikan ketidak pedulian orang lain terhadap diri kita! Hidup dengan kesendirian! Bahkan lebih parah daripada itu, cuek bebek..bek..bek.. bisa menjadi faktor presipitasi turunya sebuah bala kawan! gak percaya? Silahkan baca sabda Rasulullah dibawah ini :

عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم (يغزو جيش الكعبة فإذا كانوا ببيداء من الأرض يخسف بأولهم وآخرهم ).قالت قلت يا رسول الله كيف يخسف بِِِأولهم وآخرهم وفيهم أسواقهم ومن ليس منهم ؟ . قال ( يخسف بأولهم وآخرهم ثم يبعثون على نياتهم )

Dari ‘Aisyah Radhiyallahhu ‘anha ia berkata ,Rasulullah pernah bersabda:”Nanti akkan ada sekelompok pasukan yang akan menyerang Ka’bah.Kemudian ketika mereka sampai di suatu tanah lapang,mereka semua dibinasakan (ditenggelamkan ke perut bumi) dari orang yang paling depan sampai yang paling belakang.”Aisyah berkata:”Aku bertanya,Ya Rasulullah ,bagaimana mereka dibinasakan semua, orang di barisan terdepan sampai yang paling belakang,padahal ditengah-tengah mereka terdapat pasar-pasar mereka, dan orang-orang yang bukan dari golongan mereka?”Beliau menjawab:”mereka dibinasakan semua,baris terdepan sampai yang paling belakang,kemudian nanti mereka akan dibangkitkan sesuai dengan niat-niat mereka.(Mutafaq ‘alaihi,dan lafadz tersebut milik al-Bukhari)

Fahami dengan baik substansi hadits yang mulia diatas, jelas bahwa peringatan agar tidak bergaul dengan orang yang cuek bebek..bek..bek..yang apatis dan yang autis stadium empat agar tidak mendapatkan siksaan yang ditimpakan kepada mereka. Masih abu-abu kah? Semoga kalamullah ini bisa memberikan benang merah kepada kita :

لَوْلاَ كَانَ مِنَ الْقُرُونِ مِن قَبْلِكُمْ أُوْلُواْ بَقِيَّةٍ يَنْهَوْنَ عَنِ الْفَسَادِ فِي الأَرْضِ إِلاَّ قَلِيلاً مِّمَّنْ أَنجَيْنَا مِنْهُمْ وَاتَّبَعَ الَّذِينَ ظَلَمُواْ مَا أُتْرِفُواْ فِيهِ وَكَانُواْ مُجْرِمِينَ{116} وَمَا كَانَ رَبُّكَ لِيُهْلِكَ الْقُرَى بِظُلْمٍ وَأَهْلُهَا مُصْلِحُونَ{117}

Maka mengapa tidak ada dari umat-umat sebelum kamu orang-orang yang mepunyai keutamaan yang melarang dari (mengerjakan )kerusakan dimka bumi,kecuali sebagian kecil diantara orang-orang yang telah kami selamatkan diantara mereka,orang-orang yang zhalim hanya mementingkan kenikmatan yang mewah yang ada pada meraka dan mereka adalah orang-orang yang berdosa Dan Rabbmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zhalim,sedang penduduknya orang-orang yang melakukan perbaikan.(QS.Huud:116-117)

Apakah kita hanyalah sebuah bangkai yang tidak punya hati, akal, perasaan serta dikiran dan iman untuk merasakan bahwa sesuatu itu ada yang salah? atau takut menjadi pilihan jawabannya? Ingat!!! kita adalah makhluk yang disiptakan Allah fii ahsani taqwiim, sebaik-baik bentuk! makluk yang tersempurna yang pernah diciptakan!

Terakhir, sekiranya ada bibit dari sifat cuek bebek..bek..bek pada diri kita semoga Allah mengkonfrontasikannya menjadi peka terhadap segala masalah terlebih yang bersifat emergency, kesadaran apatis menjadi compos metis, sehingga terjadilah perubahan dan perbaikan serta kehidupan berkesinambungan yang jauh dari kebobrokan. Mari kita buktikan dengan menggunakan dan memanaskan otak kita sampai mendidih dan jangan sekali-kali letakan otak kita di dengkul!!! sehingga ketika mati kelak otak kita tetap hidup karena memiliki karya yang memberikan kontribusi besar dalam membangun sebuah peradaban!

Daftar Pustaka :
Bahjatunnazhirin fii Syarh Riyaadhushalihin, Syaikh Salim Alhilaly
Taysiir Kariimirrahmaan, Syaikh nashiruddin Assa’di
Aqiidatul mu’min, Syaik Abu Bakr Jabir Aljazairy
Ma’alim fii thoriqil ishlaah, Abdul Aziz As Sadhan
Badai Otak

5 thoughts on “Cuek Bebek..Bek..Bek

  1. rasanya kalau diurai satu persatu banyak sekali akan ditemukan masalah yg dicuek bebekin kayak iklan rokok itu, dipasang gambar yg mengerikanpun ttg bahaya merokok, orang akan tetap banyak yg merokok

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s