Menambahkan Rupiah Di Plugin Woocommerce


Ketika kita ingin membuat toko online di Wp, yang tersirat dibenak kita pasti plugin wp e-commerce, ternyata tidak hanya wp e-commerce aja plugin untuk mebuat toko online, diantara plugin wp untuk membuat toko online yaitu woocommerce.

Alhamdulillah, dini hari tadi ane bisa berkenalan plugin yang satu ini, jujur plugin ini gak kalah lah daripada wp e-commerce, dan kayaknya ane lebih betah deh pake plugin ini, walaopun ada beberapa masalah di plugin ini, ya, masalah tersebut adalah tidak adanya mata uang Indonesia, Rupiah.

Awalnya sempet shok sih… tapi , setelah ‘thawaf’ di om gogle, tanya sana sini, sholat istikharah ( lebay😀 ) masalah yang menurut ane besar ini  Alhamdulillah bisa diatasi dengan mudah, simple dan gak pake ribet, berikut caran menambahkan rupiah di Woocommerce :

Pertama, edit admin-settings.php pada plugin woocommercenya, pada line 63 tambahkan :

'IDR' => __( 'Rupiah (&#82&#112)', 'woothemes' ),

Setelah kita menambahkan tulisan diatas, maka pada currency akan bertambah rupiah, tapi tunggu dulu….ini belum cukup, soalnya walaupun kita pilih currency rupiah(Rp) namun pada postingan bukan rupiah(Rp) yang muncul, tapi mata uang yang lain.

Untuk itu, kita perlu langkah kedua, yaitu dengan mengedit  woocommerce.php dan menambahkan pada function get_woocommerce_currency_symbol() {

case 'IDR' : $currency_symbol = 'Rp '; break;

Dengan dua langkah ini,ane berhasil menambahkan mata uang rupiah(Rp)  di plugin woocommerce, ini artinya selesai sudah satu masalah🙂

semoga trik ini bisa membantu, ada yang kurang? silahkan di tambahkan🙂

Update!
Untuk versi 1.4.1  function get_woocommerce_currency_symbol() { bukan di woocommerce.php  tapi ada di woocommerce-core-function.php

 

54 thoughts on “Menambahkan Rupiah Di Plugin Woocommerce

  1. Terimaasih banyak untuk petunjuknya, saya sudah bingung cari solusinya, ehh… nemu disini.🙂

    Satu hal lagi yang mengganjal:
    Bagaimana caranya ya untuk rubah bahasanya jadi bahasa Indonesia
    Soalnya tokonya untuk pembeli Indonesia sih.

  2. Pak, blognya mantap nih dan pas banget lagi belajar woocommerce, saya coba tambah rupiah tapi nyari
    function get_woocommerce_currency_symbol() {
    di woocommerce.php gimana caranya pak? maaf saya coba ngga ketemu2.
    thanks
    achmad

      1. Wah responnya cepat sekali mas, mantap…
        Saya masih menemukan kesulitan untuk mencari fungsi ygdimaksud. Saya sudah cek di woocommerce.php tidak ketemu fungsi yg dimaksud.
        Terima kasih

    1. achmad :

      Wah responnya cepat sekali mas, mantap…
      Saya masih menemukan kesulitan untuk mencari fungsi ygdimaksud. Saya sudah cek di woocommerce.php tidak ketemu fungsi yg dimaksud.
      Terima kasih

      mungkin anda menggunakan versi 1.4.1 , untuk versi tersebut fungsi yang dimaksud bukan di woocommerce.php tapi di woocommerce-core-function.php .semoga bisa membantu🙂

  3. Salam kenal..

    menurut ane cara yang dijelaskan di artikel ini sangat tidak disarankan. mengubah file core pluginnya bikin repot ketika mengupgrade plugin ini nantinya.

    plugin ini sudah cukup canggih dengan hook2 yg disediakan. kita bisa memanfaatkannya.

    berikut kode alternatif dari ane, bisa dipasang di file functions.php theme:

    /* ========================================= */

    function idr_woocommerce_currencies($currency) {
    $currency[‘IDR’] = __( ‘Indonesian Rupiah (Rp)’, ‘woothemes’ );
    return $currency;
    }
    add_filter(‘woocommerce_currencies’, ‘idr_woocommerce_currencies’);

    function idr_woocommerce_currency_symbol($currency_symbol, $currency) {
    if($currency == ‘IDR’) return ‘Rp’;
    return $currency_symbol;
    }
    add_filter(‘woocommerce_currency_symbol’, ‘idr_woocommerce_currency_symbol’, 10, 2);

    /* ========================================= */

    semoga bermanfaat..

  4. makasih infonya, Gan. Ane udah coba, tp masih gagal di langkah kedua. ane udah coba masukin case ‘IDR’ : $currency_symbol = ‘Rp ‘; break;

    tapi masih gagal terus. Cara naruhnya secara persis gimana, Gan?

    Oya, ane pake woocommerce 1.5.4.

    makasih, Gan

  5. Seprtinya kalo edit function.php nya tidak berfungsi di woocommerce 1.5.4 dan versi yang terbaru 1.5.5 . Jadi Lebih baik pake metode mas muslihzarth.

  6. lokasi : settings-init.php

    saya tambahin code ini :

    ‘IDR’ => __( ‘Indonesian Rupiah (&#82&#112)’, ‘woocommerce’ ),

    di baris ke 53 tepatnya setelah ‘HKD’ (Hongkong Dollar)

    sip

  7. Saya sudah beli dari pubreakweb tapi terus terang kecewa. Pertama, download hanya boleh satu kali. Saya sudah sering beli software di mana-mana yg namanya link download itu tersedia kapan saja kita masuk ke ke user area. Lagi pula, yg namanya software pasti di sana-sini ada ketidaksempurnaannya, bagaimana kalau ada bug? Bagaimana kalau woocommerce-nya ada minor update yg menyebabkan plugin ini tidak jalan?

    Kedua, respon ybg agak lambat dan saya kebingungan mencari nomor kontaknya. Di website nggak ada form kontak, nggak ada nomor telepon, nggak ada alamat email. Akhirnya saya googling saja nama yg ada di nomor rekening billing, ketemu akun facebooknya dan untungnya bisa direct message. Kalau nggak, wah nggak tau tuh bagaimana cara kontaknya.

    Masukan: orang beli software bukan hanya software-nya tapi support dan update-nya. Nggak apa-apa harga mahal sedikit asal kita yakin di-support dan di-update kalau ada bug atau minor change terhadap core software-nya. Kalau nggak gitu mending digratisin saja.

Tinggalkan komentar

