Bangga Opensource!!!


Sebenarnya ini adalah tulisan yang lumayan jadul, kira-kira hampir dua tahun yang lalu, ane menemukan tulisan ini waktu ‘razia’ file-file di netty Atomfury ane, difikir-fikir walopun jadul isinya masih tetap berbobot sih, dan tidak luput dari kemungkinan diantara kita pernah berdialog yang mirip seperti ini, walaupun tidak 100% plek sama. Lagipula ane repost ini sesuai dengan tagline blog ane, share everything, selama itu bermanfaat dan menginspirasi, why not! Berikut tulisannya dan selamat membaca :

Suatu siang di aula sebuah Instansi berdatanganlah segerombolan orang untuk mengadakan rapat, di sebelah kanan pojok, 2 orang, si Alif(A) dan si Baa(B) (Bukan nama sebenarnya), mereka ngomong sambil berbisik kesana kemari dengan seru.

B : Hei A, kamu kemana aja? kok gak pernah keliatan?

A : Inih… sibuk otak-atik linux di laptop saya…

B : Ha? Linux? lebih baek nyari cewek daripada main linux!!!

A : Wee..masa cewek disamain ma kacang goreng? Tau gak? Linux tuh asik n keren!

B : Apa sih yang bikin asyik ampe kamu betah di dirumah terus, gak pernah keluar2? Saya denger linux tuh sulit tau buat pemula. Pake command promt lagi, lebih bagus yang biasa-biasa aja.

A : Yeee…kata siapa susah..enak tau gak! Sekarang dekstopnya udah bagus-bagus dan mudah-mudah.

A : Lha kamu pake yang biasa itu yang bajakan kan? nt apa gak takut?

B : Iya seh, lha tapi semua pake itu! Ohya, di kompie saya sering banget kena virus. Trus juga sering crash dan hang, cape deh….

A : Iya, tapi…kalo kamu pake Linux, dijamin deh virus2 tu cuma jadi tertawaan aja, soalnya gak bisa jalan di linux.

B : Ha? yang bener? Hebat juga yah Linux.

B : Saya tuh juga sebenarnya gak tega pake bajakan mulu. Sama aja nyuri punya orang. Ah, tapi pembuatnya udah kaya raya juga. Jadi menurut ana gak papa. Kapitalis-kapitalis ngenekin tuh!

A : Yee…kamu gak boleh begitu bro! kita musti mnaati peraturan n etika, kan di ushul fiqh ada kaedah “Maa Laa yudrik kullah, laa yutrak kulluh” Apa-apa yang tidak mampu diambil semuanya.. jangan ditinggalkan semuanya..kalo gak mampu menghindari pembajakan dengan seutuhnya, jangan juga gak ninggalin pembajakan sama sekali.

B : Ya ya ya…tapi saya takut nyobain linux. Katanya sih banyak yang hadisknya rusak, ditambah datanya hilang lagi…

A : Eh, broo! belum nyoba ko udah takut? kamu ornag musti keluar dari zona aman nt menuju zona berani!!!weddan…hihihi… Percaya deh..banyak manfaat kok kalo pake Free/Opensource software! Harganya murah bahkan gratis, andal, tahan virus, gak perlu jadi pencuri n lembut hi tangan..hehehe!

B : Halah, kurang ajar kamu, sotoy banget bahasanya! Nah, saya juga bingung milih distro apa namanya tuh…buwat kompie saya.

A : Owh..itu toh…Emang banyak sih distro-distro, kalau kamu mau yang icip-icip bisa kamu pake live CD. Gak perlu di instal. Dijalanin dari CD/DVD ROM dulu kalo takut hardisk kamu rusak.

B : Weeih!!!beneran tuh? canggih ya sistem operasi ini. Trus saya musti make yang mana n beli di mana?

A : Lho kok beli? ada yang bebas n gratis di copy kok!

B : Oooooooooo…….

A : Untuk mulai kamu bisa make ubuntu n turunannya seperti linux mint, blank-on, dll, top dah!

B : Paling ngedonlot, lha kan duit pas2an

A : Ngak lah, kamu bisa mesen lewat shipit(https://shipit.ubuntu.com/), cuma register, CD langsung di kirim ke alamat kamu, Kemarin barusan bapak saya nelpon, katanya CDnya baru nyampe, trus ada bonus stikernya juga. Yah…itulah kekuatan komunitas.

B : Kok bisa yah?

A : ya bisa, ada Mark Suttleworth(markshuttleworth) yang baik hati menyokong dana. Orang kaya yang baik.

B : Dari tadi bagus-bagus mulu prasaan! saya pernah denger Linux tuh gak bisa mainin film ma murottal n sejenisnya?

A : Wah, kamu orang telat info jal!…Ubuntu tuh punya repository buat codecnya.

B : Wah…ajib tuh..Secara teknis sih saya orang jadi kepincut…lha tapi kalo bermasalah kan repot, ntar ujung-ujungnya bunuh diri…hehehe, kalo error musti gogling dulu, ngenet kan butuh uang.lha….

A : Heei…nt gak usah tuakut, Linuk n free/open sorce software tuh secara umum menumbuhkan jiwa sosial tau! banyak ko komunitas yang bersedia membantu kalo kamu mau serius. Ada namanya KPLI, majalah khusus dan lain-lain. Kita bisa nambah teman gara-gara linux.

B : Oooo…titu toh….

A : Pokoknya membanggakan lah, jadi kita gak ketergantungan ma vendor luar untuk keperluan software dalam negri. Bahkan udah banyak distro buatan dalam negri. Ini bisa mengembangkan kreativitas n menghemat divisa yang lari ke luar negri.

B : Weddan, gila…..kaya ekonom aja kamu!!

A : Coba kamu liat Luliax, BalnkOn dll, itu buatan anak negri.

A : Ada juga ubuntu moslem edition, ada cristian editon dll. Saya bangga pakai free/open source software ^_^

B : Owh,,,begitu yah…

Tak terasa waktu dah nunjukun pukull tiga, dan rapat pun selesai, mereka berdua keluar dari aula, tapi gak tau pas rapat tadi ngebahas apa ^_^.

2 thoughts on “Bangga Opensource!!!

  1. Bismillah pertamaxxx

    Ane pribadi dulu pernah nyicip opensource, malah dikampus diadakan pelatihannya. Menurut pemahaman ane, mending yg paling newbie dikasih dulu yang mudah-mudah *yaitu wedus eh windows. Kalau dianya lebih interested ke penggunaan komputer tingkat lanjut, baru deh kelinux. Ini masalahnya *yang pernah ane alamin, buka aplikasi ngetik aja gak bisa, malah dikasih tuts linux dikampus ane.
    Bukannya ngeremehin linux sih, cuma orang udah termindset kalau komputer itu ya pasti windows.

    Ntar ane juga “hijrah” kelinux,om…

    masalah awam buat fans window ya paling gak bisa main game pc.*ane sendiri bukan gamer hardcore sih. Just share aja.

    1. em kalo menurut ane sih…ini bukan mudah atau susah, tapi ini lebih cendrung kepada kebiasaan dan semuanya kembali kepada hati kecil kita, apakah betah dengan ‘barang curian’ yah kalo legal sih ots ok!, yang anak pondok ane yakin sudah tau dah pepatah arab yang bilang “من تعود على شيئ صار اهله”

      Ane setuju dengan perkataan ente “buka aplikasi ngetik aja gak bisa, malah dikasih tuts linux dikampus ane” kalo ente mengatakannya 5-6 taon dulu, sekarang udah gak zamannya lagi bang, justru lebih mudah, dan sangat2 mudah, gak pake ngafalin CLI lagi, tinggal klik, klik dan klik…tinggal kemauannya aja lagi sih… Begitu juga dengan game pc, sekarang main PES, FM, udah bisa dilinux, bahwan ofiice aje bisa, mudah dah….

      kalo mau hijrah saran ane dari serkarang aja, dimulai dari dualbot dulu, ane juga dulu begitu… nanti kalo hatinya udah mantap, baru remove aja partisi windowsnya.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s