Cara Mengetahui ID pada Kategori WordPress


Tadi siang waktu lagi asik makan siang sama temen-temen di dorm, tiba-tiba ane dapet SMS dari teman, temen ane ini nanya bagaimana cara mengetahui ID pada kategori wordpress, katanya dia lagi bikin web di WP menggunakan sebuah template, dan template ini meminta untuk memasukan ID kategori WP agar postingannya  tampil di frontpage.

Kalo di Joomla mah, mudah banget mengetahui ID salah satu  kategori, lha wong udah ada tabelnya tinggal diliat aja hehe… karena sms dari teman tadi siang, ane terinspirasi untuk menulis tulisan ini, yaitu cara mengetahui ID pada  kategori WordPress.

Sebenarnya caranya sangat-sangatlah mudah, login  terlebih dahulu, trus pilih post > category, cari kategori yang kita inginkan, klik kanan dan copy linknya, maka seperti ini lah hasilnya ketika kita paste :

https://muslihzarth.wordpress.com/wp-admin/edit-tags.php?action=edit&taxonomy=category&tag_ID=6&post_type=post

Dari link diatas secara kasat mata kita bisa mengetahu ID kategorinya nya dengan jelas asalkan mata kita normal🙂, ID kategorinya adalah 6.

Ada juga cara yang lebih mudah, atau bisa dikatakan sangat-sangat mudah, yaitu dengan meletakan kursor tepat di atas kategori yang ingin kita singkap ID nya, maka akan muncul link seperti di atas, dan disitulah terdapat IDnya.

Bagaimana? sangat mudah bukan? ya, sangat-sangat mudah, namun masih ada juga yang belum tau caranya, semoga tulisan dadakan apa adanya ini bisa membantu anda🙂

8 thoughts on “Cara Mengetahui ID pada Kategori WordPress

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s