Maktabah Elkirtas Versi 3.5


Ternyata eh ternyata, ane ketinggalan berita maktabah elkirtass lagi deh, ini karena ke ‘sok sibukan’ ane, hehe, tapi tidak apa-apa lah, walaupun terlambat memposting, itu menurut ana lebih baik daripada tidak sama sekali.

Sekarang telah rilis maktabah elkirtass versi terbaru, yaitu versi 3.5. Dari observasi yang ane lakukan (hehehe) di versi 3.5 sang pembuat maktabah elkirtas, yaitu Abu Zakariya حفظه الله  menambahkan lagi fasilitas-fasilitas yang memberi kemudahan user (ya iyalah, masa tambah susah) diantaranya :

  1. Yang jelas ikon baru dan tampilan yang baru🙂
  2.  Adanya fitur ماهذا (apa ini?) pada toolbar atau bisa menggunakan shortcut CTRL+F1 sehingga membantu anda memahami interface maktabah elkirtass.
  3. Adanya fitur معلومات عن كتاب (maklumat tentang kitab) pada toolbar
  4. Kita bisa mengedit info kitab.
  5. Kita bisa mengubah khat/betuk huruf, bab, serta footnote pada kitab, sangat membantu sekali ya🙂
  6. Kita bisa memperbesar tulisan dengan (CTRL)+(+) dan memperkecil tulisan dengan (CTRL)+(-) sangat membantu, apalagi yang penglihatannya tidak normal seperti ane🙂
  7. Banyaknya variasi bingkai yang bisa kita rubah sesuka hati kita, hmmmm…bikin maktabah elkirtas tambah cantik aja deh🙂
  8. Ada fasilitas معاينة قبل الطباعة (print preview) sebelum mencetak.
  9. Ketika ada kitab yang kosong, maka icon kitab menjadi hitam putih
  10. Terlihat llebih simple dan elegan ketika kita mengaktifkan ملأالشاشة (full screen) dengan F1, karena menu-menu maktabah di gabung pada ikon panah di sebelah kiri.
Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur pada maktabah elkirtas yang belum ane tulis, disebabkan karena keterbatasan waktu dan ke ‘sok-sibukan’ ane,  semua fitur terbaru yang ana tulis di atas 100% telah ane coba, sayang, ana hanya mencoba fitur-fitur visual saya, semoga pada kesempatan lain ane bisa ngoprek dan mengupdate tulisan ini lagi.
Berikut link untuk download maktabah Elkirtass Versi 3.5
LINUX
WINDOWS
MAC
Kalau ada tambahan, saran atau yang lain silahkan goyangkan jemari anda pada kibor dengan menulis komentar dibawah. emoga tulisan dadakan ini bermanfaat khususnya bagi ane sendiri sebagai bek-up online, dan pada anda pembaca semua, wallahu a’lam bishhowaab.

10 thoughts on “Maktabah Elkirtas Versi 3.5

  1. alhamdulillah, terima kasih linknya,
    tapi yg ubuntu 11.10 memang tidak / belum ada ya…??
    tapi saya coba yg elkirtasse3.05-install.tar.bz sudah bisa berjalan, tinggal mempelajari lagi cara menggunakannya .. ,
    (tulisanya arab polos, g’ paham bacanya… )

    sebenarnya bukan untuk saya, tapi untuk teman yg dipondok , yg rencananya menggunakan sabily uhud

    1. sama2…untuk sementara belum ada, nanti ane update lagi kalo udah ada linknya…

      maksudnya polos gimana? gak pake harokat gitu?

      oh….Alhamdulillah…senang sekali bisa menbantu ^^

  2. Assalamualaikum, minta tolong panduan install maktabah elkirtas di sabily, step by step dong. Soalnya pemula sekali. Jazakalloh Khoir.

  3. Assalamu’alaykum ya Akhi. Ajarin ana nginstal maktabah elkirtass dong. Ana pake Ubuntu 12.04. Dari mana ana bisa mulai? Hehehe

    Mohon bimbingannya Akh.

Tinggalkan komentar

