Ramadhan Bersemi Kembali


Alhamdulillah, sekarang telah berada di hari ketiga dari bulan ramadhan,dan sedang menjalani hari keempat di bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan kebaikan, bulan musim penggandaan ganjaran, bulan yang dimana pintu neraka di tutup dan pintu sorga dibuka, serta bulan dimana dibelenggunya syaithan serta bulan yang di bukakan pintu-pintu kebaikan.

Ramadhan telah bersemi kembali, hati senang dan riang menyambut kedatangannya. Namun,Ramadhan satu tahun terdahulu seakan-akan baru kemarin rasanya. Tidak terasa pergantian detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam, berlalu begitu saja.

Namun, rasa haus dahaga tahun lau tidak lagi terasa sampai sekarang, segala pengalaman buruk dan pahit tahun lalu, segala kesedihan di tahun lalt, tidak menyusahkan lagi sampai sekarang. Letihnya sang ahli ibadah tahun lalu, tidak terasa lagi sampai sekarang, begitu juga nikmatnya seorang pelaku maksiat ketika melakukan maksiat, apakah masih terasa sampai sekarang tidak! yang ada hanya pertanggungjawaban yang akan dipersembahkan kepada Allah kelak, baik berupa amal shaleh, dan kebaikan lainnya atau sebaliknya berupa kejahatan atau dosa yang dilakukan kepadanya.

Allah berfirman

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ – وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ [٧-٩٩:٨]ح

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.(Al Zalzalah 7-8)

Sering mendengar cerita fir’aun dengan kesombongannya, cerita qarun dengan kekayaannya, dan haman dengan segala intelektualnya. Namun, sekarang apakah kita bisa mendengar ucapan fir’aun yang berkata “Akulah tuhanmu yang maha tinggi”, melihat segala kekayaan harta qarun yang melimpah ruah banyaknya? tidak, kita tidak dapat mendengar dan melihat mereka, semua telah sirna dimakan masa, yang ada hanya pertanggung jawaban, dan yang tersisa hanya azab dan siksaan yang pedih.

Masa, itulah dia, bagi mereka apa yang mereka perbuat, dan bagi kita apa yang harus kita perbuat!

Allah berfirman :
تِلْكَ أُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ ۖ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُم مَّا كَسَبْتُمْ ۖ وَلَا تُسْأَلُونَ عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ [٢:١٤١]
Itu adalah umat yang telah lalu; baginya apa yang diusahakannya dan bagimu apa yang kamu usahakan; dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.

Masa kita lalui terbagi menjadi tiga macam :
Pertama yaitu masa yang telah berlalu, telah berlalu seiring dengan berlalunya waktu, dan kita tidak bisa merasakannya lagi, biarlah terjadi apa yang telah terjadi dan tidak perlu di sesali.

Kedua,Masa yang akan datang yang belum berlalu, masa yang masih ada di dalam khayalan dan mimpi, masa itu juga sama sekali belum terasa, karena belum datang dan tiba.

Ketiga, Yaitu hari ini, inilah kehidupan yang sebenarnya, masa yang sedang kita lakukan.

Sungguh meruginya kita sekiranya masa-masa yang sedang kita jalani ini diisi dengan maksiat dan dosa, dan rugi seribu rugi sekiranya tidak diisi dengan kebaikan.

Seorang yang baik adalah mengisi waktu yang ia jalani dengan kebaikan, tanpa menyesali masa lalu serta khawatir akan masa depan.

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : أخذ رسول الله صلى الله عليه وسلم بمنكبيّ فقال : ( كن في الدنيا كأنك غريب ، أو عابر سبيل ) .
وكان ابن عمر رضي الله عنهما يقول : ” إذا أمسيت فلا تنتظر الصباح ، وإذا أصبحت فلا تنتظر المساء ، وخذ من صحتك لمرضك ، ومن حياتك لموتك ” . رواه البخاري .

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata
Allah berfirman :”Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengambil pundakku, seraya bersabda, “Jadilah engkau di dunia seakan-akan engkau orang asing atau pengembara”

Dan Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata “Jika engkau melewati sore, maka janganlah engkau menunggu padi, dan jika engkau melewati pagi janganlah menunggu sore, gunakanlah dari masa sehatmu untuk sakitmu, dan dari masa hidupmu untuk kematianmu” (HR.Bukhari)

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ-أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ [٢:-١٨٣-١٨٢]م
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,hari-hari yang berbilang (Albaqarah 182-183)

Puasa hanyalah sebentar saja, hanyalah hari yang berbilang, hanya butuh waktu sebentar saja untuk mendapatkan kemenangan, sebentar saja untuk menggapai kebahagiaan dan kemuliaan. Puluhan tahun usia kita bukankah seakan-akan baru saja kemaren? segala cerita kita di kertas kehidupan hanya tinggal kenangan dan bayangan tidak akan bisa terulang kembali.

Mari kita singsingkan lengan baju dibulan ramadhan, mari kita menjadi orang yang tamak untuk mendapatkan kemuliaan, kebahagiaan yang abadi, serta keselamatan dunia akhirat. Mari kita sejenak mengusir rasa malas, sedikit mengurangi porsi istirahat. Mari kita ganti keletihan kita yang sesaat yang hanya satu bulan dengan istirahat yang abadi, kita tukar kesedihan kita yang hanya sesaat dengan kebahagian yang abadi, dan mari kita tukar waktu kita yang sebntar dengan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang keindahannya ak pernah terlihat oleh mata, keelokannya tak pernak terdengar oleh telinga, serta kemegahannya tidak pernah terlintas di benak manusia.

يا ذا الذي ما كفاه الذنب في رجب *** حتى عصى ربَّه في شهر شعبان
لقد أظلك شهرُ الصبر بعدهما *** فلا تصيِّر أيضاً شهرَ عصيان
واتل الكتاب وسبِّح فيه مجتهداً *** فإنه شهرُ تسبيحٍ وقرآن

Wahai engkau yang tidak cukup melakukan dosa di bulan rajab
          Sampai dilanjutkan maksian di bulan sya’ban

Dan telah datang setalah dua bulan itu bulan yang penuh kesabaran (Ramadhan)
          Maka janganlah engkau isi bulan itu menjadi bulan yang penuh dengan dosa. 

Dan bacalah Al-Quran, dan bersungguh-sungguhlah bertasbih
          Karena bulan itu adalah bulan tasbih dan Al-Quran. 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s