Membuat Bola Kristal Dengan Inkscape


Pada tulisan sebelumnya telah dibahas seputar manipulasi gambar dengan menggunakan gimp, rasanya tak lengkap dan ada yang kurang bula tutorial inkscape tidak ditulis juga. Oleh karena itu penulis berusaha berbagi ilmunya yang sedikit tentang tutorial inkscape, yaitu bagaimaan cara membuat bola kristal dengan menggunakan inkscape.

1. Buka inkscape terlebih dahulu, disini penulis menggunakan Inkscape versi 0.48, setelah membuaka jendela Inkscape, buat lingkaran dengan menekan F5, jangan lupa sambil menekan CTRL agar terbentuk lingkaran sempurna. Kemudian beri warna sesuai dengan keinginan anda, pada tutorial ini saya memberinya dengan warna merah.

2. Selanjutnya kita akan menambahkan gradient pada lingkaran yang kita buat tadi dengan memilih Object>Fill and Stroke, atau bisa dengan menggunakan shortcut SHIFT+CTRL+F. Pilih tab Fill dan klik icon Radial Gradient.

3. Doble klik pada lingkaran, maka kita akan bisa mengatur posisi radial gradient. Sebelum merubah posisi gradient, klik terlebih dahulu lingkaran kecil di samping lingkaran, dan rubah menjadi warna yang lebih gelap, agar terlihat lebih realistik. Lalu dengan mengklik lingaran kecil yang ditengah, atur agar warna yang terang di atas, dan warna yang gelap di bawah.



4. Buat sebuah kotak yang lebih besar dari lingkaran, ber warna hitam

5. Duplikat lingkaran dengan menekan CTRL+D pada kibor, lalu geser lingkaran yang telah di duplikat tadi ke tengah-tengah kotak, tekan SHIFT pada kibor, lalu klik kotak, maka lingkaran dan kotak akan terseleksi secara bersamaan, lalu pilih path>difference




6. Kembali ke Fill and Stroke (lihat langkah 2) beri blur secukupnya, di totorial ini saya atur blurnya menjadi 15.00

7. Kembali ke lingkaran, seleksi atau pilih lingkaran, kemudian duplikat dengan menekan CTRL+D lalu geser ke tengah lubang kotak tadi. Atur agar bola terletak di tengah lingkaran kotak.

8. Tekan Shift dan klik kotak yang di blur tadi, lalu pilih Object>Clip>Set.


9. Kemudian aktifkan Dockable Dialogs Align and Distribute dengan memilih Object>Align and Distribute atau dengan shortcut SHIFT+CTRL+A. Setelah aktif klik lingkaran dengan blur hitam, tekan shift lalu pilih lingkaran merah, klik center on vertical axis. Abrakadabra….bola kristal sudah hampir jadi


10. Buat lingkaran kecil di atas bola merah, seperti gambar di bawah ini.

11. Dengan menggunakan linear gradient (lihat langkah 2), bola kristal dari Inkscape pun selesai dibuat ^^

Dari tutorial ini, anda bisa nengembangkan menjadi seperti ini

Have fun, semoga ana menikmati tutorialnya, kalo ada yang kurang mangga ditambahkan ^^

2 thoughts on “Membuat Bola Kristal Dengan Inkscape

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s