Infeksi Saluran Kencing : Urethritis


Saluran kencing dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, diantaranya yaitu untuk mengeluarkan sisa metabolisme dalam tubuh. Bayangkan saja bila saluran kecing ini terganggu oleh infeksi, tentu sangat berpengaruh banget bukan untuk tubuh itu sendiri?  Nah, oleh karena itulah Infeksi Saluran Kencing, ato bisa disingkat dengan ISK ini merupakan masalah yang sangat serius bagi jutaan orang tiap tahun. Yah, walaupun umumnya lebih banyak menyerang kaum hawa, namun, kaum adam pun juga sering ditemukan menderita ISK.Infeksi saluran kencing ini ada bermacam2, diantaranya  yaitu Urethritis.  Oke, sekarang ana akan mencoba menjelaskan lebih lanjut tentang urethritis.

Pengertian
Urethritis adalah peradangan pada uretra atau saluran kencing.

Penyebab
Penyakit Urethritis ini bisa disebabkan oleh oleh bakteri dan virus, diantara bakteri penyebab urethritis ini yaitu bakteri E coli, selain itu juga beberapa penyakit menular seksual seperti chlamydia, gonore bisa  menjadi penyebab timbulnya urethritis ini. Sedangkan yang di sebabkan oleh virus yaitu herpes simplex dan cytomegalovirus.

Selain bakteri dan virus, penyakit urethritis ini juga bisa disebabkan karena cedera, ya, cedera karena sensitif terhadap bahan kimia yang digunakan pada spermisida atau jeli kontrasepsi

Siapa yang beresiko terkena penyakit ini?

  • Wanita lebih banyak memiliki resiko terkena penyakit ini dari pada pria 
  • Pada pria, biasanya pada umur antara 20-35
  • Pada orang yang tidak menjaga kemaluannya (yang memiliki patner seksual)
  • Pada ynag  berhubungan seksual dengan melakukan anal seks tanpa kondom
  • Pada orang yang memiliki riwayat penyakit menular seksual

Gejala
Trus, apa gejala urethritis ini?  gejala pada pria biasanya ada darah pada cairan urin atau cairan semen, merasa nyeri yang tak tertahankan ketika BAK, demam ( jarang), sering BAK, gatal, nyeri atau bengkakan pada penis atau daerah selangkangan, adanya rasa sakit pada saat hubungan seksual atau ejakulasi.

Pada wanita biasanya nyeri pada perut, nyeri hebat ketika BAK, demam panas dingin, frekiensi BAK menjadi sering, nyeri pada bagian pelvis,  adanya keluar cairan pada vagina.

Pengobatan
Pengobatan pada urethritis ini tergantung pada penyebabnya,tujuan pengobatan ini yaitu unutk mengeliminasi penyebab infeksi, menghilangkan gejala-gejala, serta mencegah menyebarnya infeksi tersebut.

Bila disebabkan oleh infeksi, maka akan diberikan obat antibiotik. Berbagai obat dapat diresepkan berdasarkan penyebab urethriticspasien. beberapa contoh obat berdasarkan penyebab penyakit tersebut seperti ceftriaxone, clotrimazole, flukonazol, metronidazol, nitrofurantonin,nistatin dan trimethoprim / sulfametoksazol

Uterhritis yang disebabkan oleh trauma atau  iritasi bahan kimia dapat dicegah dengan cara menghindari untuk memakai barag-barang yang mengandung unsur kimia tesebut.

Urethritis yang tidak sembuh setelah terapi antibiotik selama 6 minggu, ini disebut urethritis kronis, untuk mengobati ini maka diberikan lagi anti biotik dengan jenis yang berbeda.

Pencegahan
Semagaimana kata pepatah arab ( الوقاية خير من العلاج) mencegah lebih baik daripada mengobati, maka pencegahannya yaitu dengan cara :

  •  Menghindari  Bahan kimia yang dapat mengiritasi urethra; ini bisa mencakup deterjen, lotion, spermisida atau kontrasepsi
  • Menghindari iritasi yang disebabkan oleh manipulasi manual uretra.
  • Menghindari berhubungan seksual yang tidak aman, yaitu dengan menjaga kemaluan.
Dan terakhir, ana akan sedikit mengutip firman Allah azza wa jalla :

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا ﴿الإسراء: ٣٢﴾ا

 “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk” (Al-Isra:23)
Semoga Allah Azza wa jalla menjadikan kita dari golongan hambanya yang selalu menjaga diri dari perbuatan yang diharamkan, Amiin

4 thoughts on “Infeksi Saluran Kencing : Urethritis

  1. mw tx ne,aq ngalami tnda2 ISK d atas,cuma aq gk keluar cairn yg d sbutn d ats,aq jg gk dmam.cuma xeri wk2 BAK.trz gmn pgbtanx?

  2. You have made some good points there. I checked on the
    web to find out more about the issue and found most individuals
    will go along with your views on this web site.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s