Wawancara Dengan Developer Alfanous ; Assem Chelli (Baca : Ashim Syally)


Alhamdulillah, Allah telah memberikan ana kesempatan yang sangat berharga, yaitu wawancara dengan seorang programer muda berbakat penuh telenta , Assem Chelli (baca : Ashim Syally), founder dan developer Alfanous, sebuah program Al-Quran search engine yang memiliki fitur lengkap, antum bisa baca link ini untuk mengetahui Alfanous lebih lengkapnya. Tidak banyak yang ane bisa katakan kepada karyanya selain kata “MashAllah, its awesome” 
Wawancara

1. Assalamualaikum Akhi, selamat datang . Sebelumnya, silakan perkenalkan diri antum. Latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya?
Wa’alaikum salam. Nama ane Adalah Assem Chelli (Baca : Ashim Syally), ane lahir di Jijel, Algeria tahun 1988. Seorang Engineer dari Sekolah Tinggi Nasional Ilmu komputer-Algeria. Ane telah mengerjakan sebuah projek untuk kelulusannya berupa Quran search engine yang lebih dikenal dengan nama : Alfanous. Ane membuat API phyton untuk beberapa sumber Al-Quran sepertti Quran Corpus, Zekr Translation models, projek VerseByVerse. Sekarang ane mencoba untuk melanjutkan study untuk Master atau Phd  dimana saja.
2. MasyaAllah, Bisakah antum ceritakan mengapa memilih nama “Alfanous” untuk program Quran Search Engine ini?
Oke, ane akan menceritakan bagaimana ane bisa memilih nama ini. Sebagaimana software open source yang lainnya, awalnya ane mencoba untuk mencari nama binatang untuk nama software ini, sebuah binatang yang cocok dijadikan sebagai simbol untuk software Al-Quran Search engine. Ane temukan seebuah nama, yaitu ‘Ankaboot (laba-laba), namun kemudian ane pikir nama ini asing bagi di telinga orang, begitu juga ana. Akhirnya, ane menemukan gambar sebuah lentera, mushaf, dan jam pada google. akhirnya ane memilih lentera (bahasa arab : Alfanous) sebagai nama untuk Al-Quran Search engine ini. Ini adalah gambar  yang ane temukan :

3. Berapa lama antum menyelesaikan projek ini?
Ini adalah sebuah projek yang ane buat untuk kelulusan ane Sekolah Tinggi Nasional Ilmu komputer-Algeria, ane memulai projek ini pada september 2009, dan ane lulus pada Juli 2010. Namun setelah kelulusan ane sempurnakan dan ane perbaiki lagi.

4. Apakah ada bantuan dari orang lain dalam pembuatan software ini?
Ya, sebelum kelulusan ane membuatnya dengan seorang teman yang bernama D. Meroune, serta dua orang supervisior yaitu Mr. Zerroki dan Dr. Balla, tapi ini untuk kelulusan ane, namun setelah kelulusan ane sendiri menyempurnakannya.

5. MasyAllah, sekarang software buatan antum telah digunakan oleh banyak orang. Lalu, apa tujuan antum dalam pembuatan Software Al-Quran search engine ini?
Ada dua tujuan dalam pembuatan ini, untuk ane probagi dan untuk ummat Islam. Untuk ane, yah, ane bisa beelajar dan bereksplore tentang arabic search engine serta ane mendapatkan banyak skills, dan ana merasakan, bahwa kita terlambat dalam ilmu pengetahuan komputer serta aplikasinya, kita bisa lihat banya fitur-fitur yang dibawakan search engine pada umumnya, dan sampai saat ini ane terus berusaha mengembangkan fitur-fitur pada Al-Quran search engine.

6. Dan Alhamdulilla, sekarang hasil kerja antum digunakan oleh banyak orang, dan juga telah di masukan pada sabili packages, apa yang antum rasakan?
Alhamdulilah, tidak ada kata lain kecuali syukur, serta ane sangat bahagia dengan ini sebagai seorang developer melihat sreenshoot alfanous terpampang dimana-mana, dan hari ini ane melihan screenshoot Alfanous di sabily. Ini seakan memberikan ane nafas baru, untuk terus dan terus mengembangkannya.

7. Bagaimana jika ada diantara teman-teman yang ingin ikut bergabung mengembangkan Alfanous?
Sekarang ane belum bisa menjadi project manajer karena kesibukan ane, tapi ane akan berusaha untuk membuat guide serta task sehingga memudahkan teman-teman lain untuk mengembangkannya. Banyak sekali task yang akan digarap, diantaranya pada interface : Dekstop interface, web interface, mobile interface, firefox. Kemudian bebepara task untuk packaging : windows installerm debian package, MacOs. beberapa task untuk wrapping ke bahasa pemograman lain seperti jave, C#, C++, php. Serta ada beberapa task untuk designer dan translator.

8. Apa harapan antum kepada para fanouser :)?
hmm…:)🙂, feel free to send your feedbacks
9. Jazakumullah khairan katsira, terima kasih banyak, tujuan ana membuat wawanfaca ini adalah agar semua orang tidak hanya tau programnya saja, tapi tahu para developernya, Allah yujzekom 5air, Assalamualaikom
🙂 Para developer beristirahat di bayangan, wa eyyakom, Wa’alaikom salam.

2 thoughts on “Wawancara Dengan Developer Alfanous ; Assem Chelli (Baca : Ashim Syally)

  1. sebenarnya software Qur’am udah banyak bertebaran ya di internet. ane dah donlot sopwernya, tapi belum coba.

    Ane nitip saran buat nih prog, gimana kalau ada auto downloader buat tafsirnya juga sekalian?

    boleh gak?

    1. Dalam kaedah “Al Ilmu Qobla Qauli wal ‘amal”…menurut ane antum coba dulu program alfanous ini dan program2 yang lainnya baru menyimpulkan, jujur, ane merasa cukup dengan alfanous ini, dikarenakan kelengkapan fasilitasnya, emang banyak program quran search engine, namun adakah yang selengkap ini fitur-fiturnya? sampai hari ini software ini masih dikembangkan, dan alhamdulillah sudah ada terjemahan untuk bahasa indonesia lho…

      insy…ntar ane sarankan….

Tinggalkan komentar

