Konfigurasi Modem Huawei E156G di Ubuntu 10.04


Pada thari kamis tanggal 30 September 2010 ane beli modem Etishalat dengan harga 375 ribu rupiah , kayaknya modem ini modem mesir soalnya ada tulisan junaih(mata uang mesir), tapi gak tau juga ding. Hahaha… Setelah ane colok ke klaptop, laptop ane pake sabily 10.04 Manarat, ana ketik diterminal : lsusb dan hasilnya terdeteksi sebagai usb storage, sehingga modem ini tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Modem etisalat

Akhirnya setelah tanya-tanya ama amy (baca: “Paman”) Google dan bantuan Pa Saiful( Thanks berat pa^^), ternyata laptop ane musti diinstal usb-modeswitch. Langsung deh buka terminal dan ane ketik

muslih@muslih-laptop:~$sudo apt-get install usb-modeswitch.

Setelah instalasi selesai, kemudian tinggal ditambahin sedikit konfigurasi dengan mengetik

muslih@muslih-laptop:~$ gksu gedit /etc/udev/rules.d/15-huawei-e156g.rules

setelah itu akan timbul gedit, langsung aje ane masukin

SUBSYSTEM==”usb”,
SYSFS{idProduct}==”1446″,
SYSFS{idVendor}==”12d1″,
RUN+=”/lib/udev/modem-modeswitch –vendor 0x12d1 –product 0x1446 –type
option-zerocd”

Kemudian save dan, exit.

Walhamdulillah, setelah itu modem ane bisa jalan dan ane pun bisa posting artikel di blog ini🙂

Tinggalkan komentar

