Buku-Buku EKG Yang Harus Dibaca


Pernahkah anda mendengar kata “EKG” di telinga anda?  kata ini mungkin tidak asing lagi di telinga para mahasiswa kesehatan seperti dokter, perawat, bidan. Tapi, ketika ditanyakan bagaiman cara interpretasi EKG pasti banyak yang tutup telinga, pencet-pencet kepala, garuk-garuk rambut sambil lari seraya berkata “EKG susah” “Lupa, udah lama ga belajar EKG” dan alasan-alsan yang dibuat-buat dan masuk akal lainnya :D.

Intinya, EKG itu memiliki sensasi susah terbukti dengan banyak mahasiswa (termasuk ane :D ) yang mengatakan EKG itu susah, susah dimananya? ya susah semuanya… ane akui EKG memang susah, tapi susah buka berarti tidak bisa dipelajari bukan?  Ingat lho, penyakit jantung koroner adalah salah satu penyebab kematian terbesar di negara tercinta kita ini , apa jadinya jika kita selaku mahasiswa kesehatan yang nantinya akan menjadi petugas kesehatan memiliki kemampuan yang pas-pasan atau sangat minim sekali  untuk mengidentifikasi serangan jantung? Pastinya akan bertambah angka kematian!!

Oke lah…saya mau belajar  EKG, tapi harus memulai dari mana? buku apa yang bagus  untuk belajar EKG? Pertanyaan yang bagus, kebetulan ana disini ingin berbagi info seputar buku EKG yang harus anda baca, mulai dari yang kecil sampai yang lumayan besar, mulai dari yang tulisannya ngaco sampai yang seriusan :)

1. EKG Funny


Ane yakin buku saku yang ditulis oleh dr. Fauzan Muttaqien ini akan merubah paradigma anda tentang EKG, yang tadi nya menakutkan menjadi mengasyikkan, yang tadinya gak ngerti-ngerti menjadi it’s funny, yang tadinya memiliki reputasi “buldog” bikin anda lari liatnya menjadi seperti “kelinci” yang bikin anda selalu bermain dengannya, hehe…. pokoknya baca aja deh, dilengkapi juga dengan ilustrasi dan analogi yang gak bakalan anda dapat di buku-buku lain, cocok bagi mahasiswa kedokteran, koass, keperawatan, bidan bahkan bisa jadi buat yang bergelar dokter sekalipun ;)

2. Cara Praktis Dan Sistematis Belajar Membaca EKG


Buku yang pertama tadi dikarang oleh seorang dokter, buku yang satu ini dikarang oleh Bapak Abu Nazmah, beliau bukanlah seorang dokter, cardiologist, atau ahli electrophysiology, tapi dikarang oleh seorang perawat yang sekarang berkejar di salah satu rumah sakit di Kuwait.

Buku ini berisi pembelajaran EKG mulai dari nol ( ya, sampai anatomi fisiologi jantung juga dijelaskan!) step by step,praktis, sistematis dan dengna bahasa yang ringan, membuat buku ini mudah dibaca oleh siapapun, dan semua orang pun bisa membaca rumput-rumput EKG :)

3. Satu Satunya Buku EKG yang Anda Perlukan
Bagi anada yang masih penasaran dan belum puas menyantap buku-buku ekg, silahkan baca buku yang dikarang oleh Malcom S.Thaler ini :)

Buku buku EKG sudah ada, tunggu apa lagi? mari kita lahap hidangan ilmu yang sangat bermanfaat ini!

About these ads

8 thoughts on “Buku-Buku EKG Yang Harus Dibaca

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s